Selama 4 hari dalam bulan Oktober 2015 (tanggal 7, 15, 21 & 28), perwakilan LBH Masyarakat mendatangi Rumah Hijau LGN di Ciputat, Tangerang Selatan untuk memberikan pelatihan hukum dan HAM. Pelatihan ini dibentuk dengan semangat bahwa setiap komunitas harus mampu melindungi dirinya sendiri, sehingga pengetahuan dasar mengenai hukum dan HAM perlu diberitahu kepada masyarakat, dalam hal ini terutama adalah keluarga besar LGN, agar tidak mudah diperdaya aparat atau anggota masyarakat lain yang tidak bertanggung jawab.

Banyak anggota maupun pendukung LGN yang berminat untuk mengikuti pelatihan ini. Pada pertemuan pertama, yang membahas mengenai HAM dasar dan hak atas kesehatan, hadir sekitar 20 orang. Pada minggu berikutnya, yang didatangi sekitar 10 orang, LBH Masyarakat membawakan materi mengenai Upaya Paksa yang dilakukan penegak hukum. Hari Rabu berikutnya, datang sekitar 6 orang yang mendengarkan pemaparan mengenai proses persidangan pidana. Pada hari terakhir, sekitar 8 orang hadir dan mendapat penjelasan mengenai perkembangan, peraturan, dan situasi penerapan UU No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Suasana pelatihan hukum & HAM di Rumah Hijau LGN, Tangerang

Suasana pelatihan hukum & HAM di Rumah Hijau LGN, Tangerang Selatan

Beberapa peserta dari pelatihan ini akan dipilih oleh LBH Masyarakat untuk mengikuti pelatihan paralegal, seorang yang melakukan tugas-tugas bantuan hukum -sampai batas tertentu- seperti advokat walau ia sendiri bukan advokat, sebuah pelatihan yang lebih kompleks yang diharapkan dapat memperkuat LGN sebagai sebuah komunitas.

Berdiri dan bertempat sejak 2007 di area Tebet, Jakarta Selatan, LBH Masyarakat adalah satu dari sangat sedikit lembaga bantuan hukum yang memberikan bantuan hukum secara cuma-cuma bagi setiap orang yang tersangkut kasus narkotika. Tentu, format bantuan hukum yang diberikan akan disesuaikan dengan tingkat keseriusan kasus dan ketersediaan sumber daya manusia. LGN berterima kasih atas kesempatan yang telah diberikan oleh LBH Masyarakat dan berharap dapat membina kerjasama yang lebih intens ke depannya.

Teman-teman yang ada di daerah Jakarta, dan sekitarnya, dan membutuhkan bantuan hukum (konsultasi, pendampingan, pelatihan, dll) secara cuma-cuma dapat menghubungi LBH Masyarakat melalui portal-portal berikut:

Alamat        : Tebet Timur Dalam VIE No. 3, Tebet, Jakarta Selatan, 12820
Telepon      : 021 – 837 897 66
Fax              : 021 – 837 897 67
E-mail         : contact@lbhmasyarakat.org
Twitter        : @LBHMasyarakat
Facebook    : LBH Masyarakat – Community Legal Aid Institute
Situs            : www.lbhmasyarakat.org