Pada bulan Maret 2016, Republik Makedonia Utara (Makedonia Utara) telah mengamandemen Undang-Undang Pengendalian Narkotika dan Zat Psikotropika (the Law on Control of Narcotics Drugs and Psychotropic Substances) serta Undang-Undang Produk Kesehatan dan Alat Kesehatan (the Law on Medicinal Products and Medical Devices). Amandemen ini memungkinkan budidaya ganja yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan medis seperti ekstraksi dan produksi biji maupun minyak dari ganja.

Amandemen ini juga menjadikan Republik Makedonia Utara salah satu dari sedikit negara di dunia yang memungkinkan penanaman dan ekspor produk ganja. Sejak diamandemennya undang-undang tersebut, pasar ganja telah memperlihatkan potensi yang serius dan menjadi peluang besar bagi para investor lokal maupun asing. Persaingan produksi ganja medis sendiri telah menunjukkan perkembangan yang pesat, dilansir dari, cannabisindustryjournal.com.

Makedonia Utara menerapkan pendekatan pasar bebas dalam hal penanaman, dan ekspor industri ganja. Penerapan pendekatan pasar bebas ini meniru dari Kanada yang terlebih dahulu telah melegalkan ganja untuk kebutuhan medis. Dengan diterapkannya pendekatan pasar bebas telah membuat pemerintah mendesak para pengusaha untuk berinvestasi pada sektor ganja medis.

Pendekatan pasar bebas dalam hal penanaman dan industri ganja telah merangsang sejumlah perusahaan lokal seperti NYSK Holdings, MAM, dan Farma Medica Cannabis. NYSK Holdings sendiri tekah berinvestasi dalam budidaya dan ekstraksi minyak ganja. Pada November 2018, NYSK Holdings melaporkan telah memproduksi minyak ganja mencapai 45 ton per tahunnya.

Perusahaan asal Kanada yaitu International Cannabis Corporation (ICC) yang bergerak dalam penanaman, ekstraksi, formulasi, dan distribusi ganja skala global telah mengakuisisi perusahaan Balkan Cannabis Corporation (BCC) yang mengendalikan izin atau lisensi penanaman dan ekstraksi ganja medis di Makedonia Utara. ICC yang telah mengakuisisi BCC nantinya akan berfokus pada pembuatan lisensi untuk penanaman ganja medis maupun ekstraksi, formulasi, dan ekspor industri ganja, dilansir dari healtheuropa.eu.

Lisensi untuk menanam ganja tidak mudah untuk didapat. Para pengusaha harus melewati proses yang ketat untuk memperoleh lisensi tersebut. Setelah mengajukan lisensi, para pengusaha juga diharuskan mendapatkan perizinan dari Kementerian Pertanian, Kehutanan dan Ekonomi Air (Ministry of Agriculture, Forestry, and Water Economy/MAFWE) sebagai standarisasi dalam memproduksi ganja medis, dilansir dari pharmout.net.

Legalnya penanaman dan ekspor industri ganja, tidak membuat Makedonia Utara bebas dalam menanam dan menjual ganja untuk tujuan rekreasi. Hukuman 10 tahun kurungan penjara diberlakukan apabila kedapatan melakukan penanaman dan penjualan ganja untuk tujuan rekreasi. Pekerja kesehatan yang bekerja di lembaga swasta juga tidak dapat meresepkan penggunaan ganja.

 

 

 

Foto: Pekerja dari perusahaan ganja makedonia Green Life Medical Cannabis Co.