Menteri Kesehatan Irlandia Simon Harris telah menandatangani program percobaan lima tahun akses ganja medis. Harris mengungkapkan bahwa program tersebut ditujukan untuk memfasilitasi ganja hanya dalam keperluan medis dimana pengobatan konvensional telah dianggap gagal.

Program tersebut memungkinkan akses ganja medis hanya untuk tiga kondisi seperti mual dan muntah yang tidak dapat diatasi terkait dengan pengobatan kemoterapi, epilepsi parah yang resisten terhadap pengobatan, dan pengobatan yang berkaitan dengan multiple sclerosis.

Program percobaan akes ganja medis tidak berarti pula disahkannya produksi ganja medis di Irlandia. Harris juga menambahkan bahwa pasien dari program ganja medis ini akan dilindungi oleh asuransi, dilansir dari Merryjane.com.

Ada kemungkinan Irlandia akan memberikan lisensi bagi petani lokal nantinya untuk memproduksi ganja medis dalam rangka mendukung program pemerintah. Namun untuk tahun-tahun pertama, produk ganja medis tersebut akan diperoleh dari negara lain dan diatur oleh Product Regulatory Authority (Otoritas Pengatur Produk Kesehatan Irlandia) yang disediakan untuk para pasien melalui apotek, dilansir dari Ganjapreneur.com.

Program ini menjadi langkah awal bagi Irlandia untuk membuka akses terhadap penggunaan ganja untuk kepentingan medis. Harris menegaskan bahwa program ini bukan merupakan suatu batu loncatan untuk legalisasi ganja yang bersifat rekreatif dan yang terpenting adalah tidak ada rencana legalisasi ganja di Irlandia.

Program percobaan lima tahun akses ganja medis ini akan berjalan di bawah pengawasan Menteri Kesehatan Simon Harris dan akan ditinjau kembali pada tahun 2024.