Kemarin, Minggu (30/9) kami berdiskusi tentang Dilema Hukum & Legal Narkotika. Kami bertukar pikiran tentang beberapa hal, termasuk status hukum narkotika, bedanya adiksi ganja dan narkotika lain, dan metode rehabilitasinya. Kita sepakat, bahwa penjara bukan solusi. Namun perubahan kebijakan, persepsi, dan penelitian ganja medislah yang diperlukan.
“Jika Indonesia mengubah pendekatan kriminalisasi, maka kita bisa menurunkan tingkat overcrowded penjara dari 74% ke angka 23%. Puluhan ribu manusia produktif malah ada di balik jeruji akibat hal yang bisa diselesaikan dengan pendekatan sosial dan kesehatan.” – @YohanMisero, Analis Kebijakan Narkotika.
“Satu langkah sederhana adalah tidak memperlakukan pengguna ganja seperti binatang perah. Diteror, ditangkap, atau diperas.” – @DhiraNarayana
LGN siap membantu pemerintah untuk melakukan perubahan. Kami terbuka untuk berdiskusi dengan para penegak hukum dan pembuat kebijakan. Diskusi ini bukan tentang kami saja, ini semua untuk Indonesia pada akhirnya.
Ayo terus hidupkan diskusi tentang narkotika. Share pendapat kalian di kolom komen. #SalamJuang #StandUpCannabis